Madrasah Aliyah Negeri 2 Kulon Progo merupakan Madrasah didirikan berawal dari Pendidikan Guru Agama Nahdatul Ulama (PGANU). Tanggal 30 September 1967 resmi menjadi PGAN 4 tahun Wates. Lalu pada tanggal 1 Oktober 1969, PGAN 4 tahun Wates ditingkatkan menjadi PGAN 6 tahun Wates. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No. 19 Tahun 1979 berubah menjadi PGAN Wates.
Tahun 1990 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama No 64 tahun 1990 tanggal 25 April 1990, PGAN Wates alih fungsi menjadi MAN WATES II. Dan dengan Surat Keputusan Menteri Agama No. 42 TH 1992 tanggal 27 Januari 1992, namanya berubah menjadi MAN 2 WATES.
Pada tahun 1998 MAN 2 Wates mendapat program keterampilan dari Departemen Agama RI, yaitu keterampilan Tata Busana, Elektronika, dan Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian. Departemen Agama juga memberikan gedung, peralatan, sarana-prasarana, biaya operasional, kurikulum, dan instruktur. Instruktur berasal dari lulusan perguruan tinggi yang sesuai dengan bidang yang diampunya. Pada Tahun 2006 MAN 2 Wates berhasil menambah satu program ketrampilan yaitu program Teknologi Informasi dan Komputer. Program ketrampilan TIK ternyata mendapat respon yang baik dari siswa sehingga sekarang program ketrampilan TIK merupakan program unggulan Madrasah.
Visi Madrasah Aliyah Negeri 2 Wates
“Mewujudkan Insan Yang Berakhlaqul Karimah, Unggul, Terampil, Inovatif, dan Berwawasan lingkungan”.
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita Madrasah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Indikator pencapaian visi
a. Akhlaqul Karimah
Indikator : Terwujudnya siswa MAN 2 Wates yang mempunyai keterampilan baik keterampilan vokasional maupun keterampilan pengamalan agamanya.
Metode Pencapaian: Program keterampilan yang diintegrasikan kedalam pembe-lajaran intrakurikuler dan kajian serta praktek pelaksanaan Agama yang dilakukan secara terprogram.
b. Unggul
Indikator : Terwujudnya kemampuan siswa yang berprestasi dibidang akademik maupun non akademik.
Metode pencapaian:
1) Input siswa baru yang baik dan berprestasi,
2) Memberikan pelayanan yang prima kepada siswa,
3) Melaksanakan kegiatan PBM dengan baik,
4) Penelusuran minat dan bakat siswa,
5) Memberikan layanan yang baik terhadap siswa yang berbakat,
6) Memberikan pembinaan yang baik terhadap siswa yang berbakat,
7) Berpartisipasi aktif dalam mengikuti lomba/kejuaraan.
“Mewujudkan Insan Yang Berakhlaqul Karimah, Unggul, Terampil, Inovatif, dan Berwawasan lingkungan”.
Visi tersebut di atas mencerminkan cita-cita Madrasah yang berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian, sesuai dengan norma dan harapan masyarakat.
Indikator pencapaian visi
a. Akhlaqul Karimah
Indikator : Terwujudnya siswa MAN 2 Wates yang mempunyai keterampilan baik keterampilan vokasional maupun keterampilan pengamalan agamanya.
Metode Pencapaian: Program keterampilan yang diintegrasikan kedalam pembe-lajaran intrakurikuler dan kajian serta praktek pelaksanaan Agama yang dilakukan secara terprogram.
b. Unggul
Indikator : Terwujudnya kemampuan siswa yang berprestasi dibidang akademik maupun non akademik.
Metode pencapaian:
1) Input siswa baru yang baik dan berprestasi,
2) Memberikan pelayanan yang prima kepada siswa,
3) Melaksanakan kegiatan PBM dengan baik,
4) Penelusuran minat dan bakat siswa,
5) Memberikan layanan yang baik terhadap siswa yang berbakat,
6) Memberikan pembinaan yang baik terhadap siswa yang berbakat,
7) Berpartisipasi aktif dalam mengikuti lomba/kejuaraan.
c. Terampil
Indikator : Sikap, perilaku dan ucapan yang Islami
Metode Pencapaian :
1) Mengadakan sosialisasi kegiatan atau pembiasaan akhlakul karimah.
2) Mengadakan kegiatan atau pembiasaan akhlakul karimah baik di dalam maupun di luar kelas.
Indikator : Sikap, perilaku dan ucapan yang Islami
Metode Pencapaian :
1) Mengadakan sosialisasi kegiatan atau pembiasaan akhlakul karimah.
2) Mengadakan kegiatan atau pembiasaan akhlakul karimah baik di dalam maupun di luar kelas.
d. Inovatif
Indikator:
1) Terwujudnya kesadaran dan kepedulian terhadap pelestarian alam,
2) Terbentuknya karakter siswa yang cinta lingkungan,
3) Terwujudnya lingkungan madrasah yang indah, bersih, sehat, aman dan nyaman.
Indikator:
1) Terwujudnya kesadaran dan kepedulian terhadap pelestarian alam,
2) Terbentuknya karakter siswa yang cinta lingkungan,
3) Terwujudnya lingkungan madrasah yang indah, bersih, sehat, aman dan nyaman.
Metode Pencapaian:
1) Memasukkan pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran baik di dalam dan di luar kelas,
2) Mengadakan kegiatan yang menumbuhkan rasa cinta lingkungan,
3) Menyusun program dan peraturan untuk menciptakan madrasah yang indah, bersih, sehat, aman dan nyaman.
1) Memasukkan pendidikan lingkungan hidup dalam pembelajaran baik di dalam dan di luar kelas,
2) Mengadakan kegiatan yang menumbuhkan rasa cinta lingkungan,
3) Menyusun program dan peraturan untuk menciptakan madrasah yang indah, bersih, sehat, aman dan nyaman.
Misi Madrasah
Untuk mewujudkannya, Madrasah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:
1. Menyelenggarakan proses PBM secara efektif,
2. Menyelenggarakan bimbingan dan pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan program keterampilan,
3. Menumbuhkan semangat berprestasi dalam bekerja dan belajar,
4. Mendorong guru dan karyawan untuk bekerja secara efektif dan efisien dengan akhlakul karimah,
5. Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan syariat Islam,
6. Menjadikan Madrasah dan lingkungannya yang Islami, aman, tertib, indah, bersih, dan nyaman,
7. Mewujudkan lingkungan madrasah yang indah, bersih, sehat, aman dan nyaman.
Untuk mewujudkannya, Madrasah menentukan langkah-langkah strategis yang dinyatakan dalam Misi berikut:
1. Menyelenggarakan proses PBM secara efektif,
2. Menyelenggarakan bimbingan dan pengembangan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler dan program keterampilan,
3. Menumbuhkan semangat berprestasi dalam bekerja dan belajar,
4. Mendorong guru dan karyawan untuk bekerja secara efektif dan efisien dengan akhlakul karimah,
5. Menumbuhkembangkan penghayatan dan pengamalan syariat Islam,
6. Menjadikan Madrasah dan lingkungannya yang Islami, aman, tertib, indah, bersih, dan nyaman,
7. Mewujudkan lingkungan madrasah yang indah, bersih, sehat, aman dan nyaman.
Tujuan Madrasah
1. Meningkatkan Sarana Prasarana yang mendukung PBM.
2. Meningkatkan efektivitas PBM.
3. Meningkatkan program yang kompetitif.
4. Meningkatkan lulusan yang melanjutkan ke PTN/PTS dan atau terserap ke dunia kerja.
5. Meningkatkan kegiatan akademik dan non akademik.
6. Meningkatkan kinerja berbasis kompetensi.
7. Meningkatkan profesionalisme guru dan pegawai.
8. Meningkatkan pemahaman dan pengamalan syariat Islam.
9. Meningkatkan kepercayaan pada Madrasah.
10. Meningkatkan konsolidasi dan konsultasi PSB.
11. Meningkatkan budaya kerja yang kondusif, sinergis, dan produktif serta lingkungan yang bersih dan sehat.
12. Menciptakan lingkungan madrasah yang kondusif bagi proses belajar mengajar.
13. Menciptakan lingkungan Madrasah yang hemat sumber energi listrik dan air.
1. Meningkatkan Sarana Prasarana yang mendukung PBM.
2. Meningkatkan efektivitas PBM.
3. Meningkatkan program yang kompetitif.
4. Meningkatkan lulusan yang melanjutkan ke PTN/PTS dan atau terserap ke dunia kerja.
5. Meningkatkan kegiatan akademik dan non akademik.
6. Meningkatkan kinerja berbasis kompetensi.
7. Meningkatkan profesionalisme guru dan pegawai.
8. Meningkatkan pemahaman dan pengamalan syariat Islam.
9. Meningkatkan kepercayaan pada Madrasah.
10. Meningkatkan konsolidasi dan konsultasi PSB.
11. Meningkatkan budaya kerja yang kondusif, sinergis, dan produktif serta lingkungan yang bersih dan sehat.
12. Menciptakan lingkungan madrasah yang kondusif bagi proses belajar mengajar.
13. Menciptakan lingkungan Madrasah yang hemat sumber energi listrik dan air.
Sasaran Program
Kepala Madrasah dan para guru serta dengan persetujuan Komite Madrasah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
Kepala Madrasah dan para guru serta dengan persetujuan Komite Madrasah menetapkan sasaran program, baik untuk jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.
Penerapan Sistem SKS
Mulai tahun pelajaran 2020/2021 MAN 2 Menerapkan Sistem Kredit Semester bagi kelas X, yang memungkinkan para peserta didik bisa menyelesaikan studi selama 2 tahun saja.
Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2020/2021
Pendafaran melalui jalur Tahfidz, Prestasi dan Reguler. Pendaftaran on line melalui gg-gg/ppdb-mandaku atau hubungi no telp/WA - 087838699216 an. ESti Supaksih, M.Pd atau 085228491323 an. Dwi Rina Yuniati, S.Pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar